KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUSTOM ROM ANDROID

Pernak Pernik Teknologi - Salah satu alasan bagi pengguna Android untuk menginstal Custom ROM adalah karena performanya yang lebih baik. Custom ROM sendiri merupakan sebuah firmware dari pihak ketiga. Selain menghadirkan performa yang lebih baik, teknologi ini juga membawa beberapa fitur yang menarik. Memang, Custom ROM Android tampak menarik bagi sobat.
Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan sebelum menginstalnya. Contohnya, sobat perlu bertanya pada diri sobat sendiri apakah perlu menginstal Custom ROM Android? Salah satu contoh yang mana sobat memang harus menginstal aplikasi ini adalah saat Android sobat masih dioperasikan dengan Ginger Bread sedangkan Anda ingin mengupgradenya menjadi sistem operasi Jelly Bean.
Di sisi lain, jika Android sobat sudah menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.1 maka sobat tidak perlu lagi menginstal aplikasi ini untuk mengupgrade ponsel sobat menjadi Jelly Bean 4.2 atau 4.3. Tapi, sobat tetap bisa melakukannya jika ingin beralih ke Jelly Bean atau 4.4 KitKat. Ada pula kasus dimana sobat ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan pabrik.







Jika sobat sedang memiliki maksud yang sama, sobat tidak perlu menginstal aplikasi ini. Sebenarnya, sobat cukup melakukan rooting saja, untuk cara root bisa sobat baca Cara Root Android Menggunakan FramerootNanti, sobat bisa menghapus aplikasi tersebut melalui Root Explorer atau Titanium Backup. Pertimbangan lainnya adalah soal update dan fitur. Memang, aplikasi Custom ROM Android memberikan update dengan cepat ketimbang dari ROM bawaan pabrik.
Tapi, sobat perlu tahu bahwa beberapa fitur update tersebut kualitasnya tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan ROM bawaan. Coba saja fitur musik dan kameranya yang tidak begitu memuaskan walaupun update. Pertimbangkan pula soal garansi Android sobat. Ini karena saat sobat menginstal Custom ROM Android maka garansi pada Android sobat akan otomatis hangus.
Itu artinya, saat terjadi masalah karena menginstal Custom ROM, sobat tidak akan bisa membuat klaim. Kabar baiknya, kemungkinan Custom ROM untuk merusak hardware sangatlah kecil. Jadi, jika terjadi masalah, sobat hanya cukup mencoba Custom ROM yang lain. Jangan lupa untuk memeriksa dukungan dari si pembuat Custom ROM.
Hal ini perlu menjadi perhatian khususnya jika sobat menggunakan Smartphone dengan Android tapi tidak terlalu populer. Akan sangat berbeda jika sobat menggunakan Smartphone yang populer seperti Nexus 4, HTC One atau Samsung Galaxy S4. Ini karena Smartphone populer semacam itu sudah mendapatkan banyak dukungan dari Custom ROM.
Waspadalah jika Smartphone sobat tidak populer atau lokal karena bisa jadi justru menginstal Custom ROM Android membawa banyak bugs dan masalah. Jika ada waktu, kunjungi terlebih dahulu forum-forum terkenal seperti XDA  sebelum sobat menginstal aplikasi ini. Dengan begitu sobat menjadi tahu apakah perlu untuk menginstal aplikasi Custom ROM atau tidak. Untuk pilihan custom rom Lenovo a369i, silahkan sobat pilih-pilih custom rom Lenovo a369i. Terimakasih
Artikel ini sebagian di ambil dari : www.bedahtekno.com



                Salam Oprekers...


Belum ada Komentar untuk "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUSTOM ROM ANDROID"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel
Link mati segera hubungi admin
Link aktif di komentar langsung di hapus
Blogger yang baik tidak melakukan copy paste sembarangan
Blog ini sepenuhnya di lindungi oleh DMCA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel