Cara Memendekan URL Menggunakan Goo.gl

Cara Memendekan URL Menggunakan Goo.gl | Pernak Pernik TeknologiSenang sekali rasanya bisa berbagi sesuatu lagi dengan sobat setia PPTEKNOLOGI, artikel kali ini saya ambil dari wisnuwidhiw.blogspot.com

Google url shortener merupakan media memperkecil url yang penjang menjadi lebih kecil dengan tidak merusak link tujuan. Mungkin sobat udah tahu, saya hanya nge-share aja. Sebenarnya cukup banyak situs yang menyediakan layanan memendekkan url seperti cektkp.comadf.lyBit.lyTinyURLIs.gd,Ow.ly, dll. Namun google sebagai situs portal terbesar tetap menyediakan layanan ini yang diberi nama goo.gl untuk memanjakan penggunanya.

Mengapa layanan memendekkan url dibutuhkan??

Hampir semua pengguna internet terbiasa berbagi link-link berisi konten menarik dari sebuah situs kepada rekan dan teman -temannya, di facebookGoogle+ dan twitter contohnya. Dan seperti kita ketahui bahwa di situs microblogging seperti twitter jumlah karakter untuk penulisan status dibatasi hanya 160 karakter. Lah.. jika url yang ingin kita share ke taman-teman cukup panjang, habis deh jatah penggunaan karekter ^_^
Sebab itu dibutuhkan layanan yang bisa memendekkan url agar proses berbagi link lebih mudah dan efektif.

Mengapa harus goo.gl??

Alasan pertama, kita tidak perlu mempunyai akun google untuk menggunkannya

Yang kedua, google saat ini merupakan raksasa di dunia internet dengan berbagai layanan seperti Blogger,YoutubePicasaFeedburnertoolbar Google, dan lain-lain. Intinya, google telah menguasai sebagian besar web service. Nah pertanyaannya, jika ada layanan terpercaya dari google, mengapa kita harus menggunakan situs lain yang bisa menutup layanannya kapan saja? iya kan...

Alasan lain adalah aksesibilitas. Dengan asumsi kita sudah memiliki akun Google, maka akun tersebut bisa digunakan di semua layanan Google. Tentunya akan lebih efisien jika kita bisa menggunakan banyak layanan dalam satu akun. Jadi enggak perlu mengingat banyak password yang terkadang bikin pusing. Dan bukan tidak mungkin link pendek yang dibuat goo.gl disusun berdasarkan algoritma robot pencari Google sehingga kemungkinan link pendek kita mendapatkan ranking yang bagus di SERP akan lebih besar.

Selain itu, goo.gl memiliki berbagai kelebihan seperti:
·  Tidak ada yang bisa mengubah alamatnya setelah dibuat.

·  Google menjamin bahwa link tidak expire ataupun hilang. Menurut Google, goo.gl memiliki uptime seratus persen sejak pertama kali diluncurkan, namun Google berhak menghapus linkpendek tersebut dengan alasan digunakan untuk spam, keamanan, dll.

· Google juga menyediakan daftar link yang sudah kita buat. Untuk melihatnya pastikan kita log in ke akun Google.

· Google menambahkan layanan analisa seperti browser dan OS apa yang digunakan seseorang ketika meng-klik link kita dengan pilihan waktu per dua jam, per hari, per minggu, per bulan dan semua waktu. Semuanya terintegrasi dalam satu layanan analisa yang mirip dengan Google Analitycs. Untuk melihatnya klik ‘Details’ pada bagian terujung baris URL pendek yang telah kita buat.

·  goo.gl juga membuatkan kode QR (QR code) untuk setiap URL yang kita pendekkan. Untuk melihat kode ini sama dengan cara melihat analisa data diatas yaitu dengan mengklik ‘Details’.

Bagaimana cara memendekkan URL di goo.gl ?


Ini sangat mudah. Yang pertama, ketikkan goo.gl di browser lalu akan muncul halaman untuk memendekan URL. Kemudian copy dan paste URL yang ingin kita pendekkan di kotak yang tersedia dan klik ‘shorten’.
Setelah itu tunggu selama dua tahun.. eh dua detik.. URL pendek kita akan muncul disebelah kanan kotak dan selesai!
Bagaimana menurut kawan layanan memendekkan URL dari Goolge ini, mudah dan efisien bukan?

Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Cara Memendekan URL Menggunakan Goo.gl"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel
Link mati segera hubungi admin
Link aktif di komentar langsung di hapus
Blogger yang baik tidak melakukan copy paste sembarangan
Blog ini sepenuhnya di lindungi oleh DMCA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel